Sunday, June 27, 2010

Kado Pernikahan

Sudah lama saya tidak menulis. Maklum, saya sedang punya hobi baru pengisi luang. Namun, saya tidak ingin menceritakannya sekarang. Nanti saja, walau saya tak tau kapan tepatnya, tergantung mood saya saja dan apa yang terlintas dalam pikiran ketika mood menulis datang :-)

Jika ada undangan pernikahan, seperti di Indonesia, di Jerman juga ada tradisi memberikan uang atau Kado ketika mendapat undangan pernikahan (tanpa diundang pun biasanya akan tetap memberikan kado atau uang) kepada pengantin bila hubungannya (keluarga atau pertemanan) dekat. 

Disini, saya akan membicarakan soal uang yang diberikan kepada pengantin, atau biasa disebut Angpau atau uang kondangan. Bukan dalam jumlah nominalnya yang akan saya bicarakan, namun bagaimana cara mengemas uang tersebut agar tampak menarik. Ya, uang yang dimasukkan dalam amplop juga ada, tapi.... kebanyakan uang yang kita berikan akan dikemas sedemikian rupa cantik.

Gambar yang saya lampirkan adalah salah satu contoh kado uang untuk pernikahan sepupu suami saya. Jadi begitulah kira-kira kreasi orang-orang, tentu dengan masing-masing ide yang dimiliki. Kalau dari gambar terlampir tersebut, sebenarnya ini belum selesai betul, karena masih ada tambahan lain (uang, kartu ucapan dan kemasan plastik), namun untuk melihat contoh detailnya, saya foto kado uang yang belum jadi tersebut.

Kado uang tersebut tidak hanya bisa diberikan ketika kita datang ke pesta pernikahan, namun bisa juga kita berikan ketika kita diundang ke pesta ulang tahun. Nah, ditempat pesta ini, akan disediakan meja tersendiri, dimana orang-orang akan meletakkan kado uang mereka.

Kalau hal ini saya lakukan di Indonesia, ilang ngga ya? :-) 

2 comments:

jannahkha said...

halo, :) saya panggil apa ya.. mbak froggy ya... :) saya mampir disini setelah jalan2 dari blognya mba aldriana :) wah, klo di indonesia mungkin bisa ilang itu...hehe..kecuali ada yang ngejagain :D oh ya, sekarang uang yang diantar penganten pria pas lamaran juga ada kreasi-kreasi loh..hehe... sekarang makin kreatif hhehehe... salam kenal ya mba froggy :D

froggy said...

boleh.... panggil Froggy aja juga boleh hehehe....
uangnya dilipet2 juga ya? jadi sayang mo bongkarnya lagi pasti ihihihi...

salam kenal juga ya, makasih sudah mampir ke blog Froggy...

Post a Comment

Thanks for your comment :-)